Minggu, 09 Juni 2013

Jembatan Mahulu

Jembatan Mahulu


Jembatan Mahakam atau jembatan mahakam ulu. Jembatan ini merupakan salah satu dari 3 jembatan di sungai mahakam yang menghubungkan antara samarinda kota dengan samarinda. Jembatan yang lain adalah jembatan mahakam kota satu dan mahakam kota dua. jembatan yang menghubungkan kelurahan Loa Buah, Sungai Kunjang dengan kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang yang membentang di atas aliran sungai Mahakam.
 Awalnya jembatan ini akan digunakan sebagai antisipasi kemacetan di saat PON XVII di Samarinda, Kalimantan Timur. Akan tetapi jembatan ini tak bisa digunakan saat PON XVII karena pembangunannya yang belum selesai dan molor dari target semula, yaitu selesai pada April 2008. Jembatan ini ditargetkan selesai akhir tahun 2008.Kemudian Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Jembatan Mahulu pada tanggal 15 Juli 2009, bersamaan dengan proyek-proyek lain yang sedang digiatkan di Kalimantan Timur.
Jembatan Mahakam Ulu memiliki bentang tengah 200 meter dengan panjang keseluruhan jembatan 789 meter. Panjang jembatan itu belum termasuk jalan pendekat. Lebar jembatan adalah 11 meter, sementara tinggi jembatan dengan permukaan air sungai tercatat 18 meter. Jembatan ini mempunyai bentang lingkar baja yang menjadi ciri khas jembatan ini.
Kalo dari loa bakung teman-teman akan di suguhi pemandangan sungai mahakam yang luar biasa, maklum jarang lihat kapal-kapan ponton. Memang jembatan ini bukan jembatan utama, karena jembatan yang utama adalah jembatan mahakam kota. Yang lewat di mahulu adalah kendaraan kendaran berat seperti truk dan kontainer. 
Kalo teman teman naik bis dan turun ke sei kujang, harus cari angkot lagi ke arah loa bakung. Atau paling enak naik motor jadi prakis. Di jembatan dapat terlihat sungai mahakam yang indah. Bagus lagi kalau sore hari menjelang matahari tenggelam. Pemandangannya tambah keren  deh.

info jalan-jalan lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar