Rabu, 27 Februari 2013

sego kucing pak gik

 
Sego Kucing Pak Gik

Jangan mengaku anak semarang, kalo belum pernah jajan ke pak gik. Pak gik merupakan nama salah satu nasi kucing atau angkrinngan yang terkenal di kota semarang. Tempatnya ada di Jalan Gajah mada, tepat di pojokkan jembatan kali semarang atau jalan inspeksi. Kalo dari simpang lima ke arah utara, jalan gajah mada, nanti ada jembatan kedua kanan jalan sebelum super penyet.
Sebetulnya tempatnya tidak istimewa karena ada di sebelah sungai, dan warungnya kecil. Jadi kalo mau makan kita makan di bawah, pake koran, karena tempat duduk nya sangat terbatas, atau kalo mau jalan sedikit makan di trotoar.
Tapi yang membuat istimewa adalah  vareasi menu nya yang terdiri dari aneka nasi bungkus kecil yang terdiri dari nasi kuning, nasi uduk, ketan, aneka nasi putih yang isinya dari ayam, balado ayam, teri, kering dan banyak lagi. Aneka gorengan dan jajanan, dari sate kerang, sate telur, sate ayam, badak (bakwan semarang), mendoan, pangsit. Semua makanan yang ada di sana masih anget dan fresh. Itu yang membuat istimewa, karena biasnya kalo di nasi kucing lain nasinya kalo udah malam sudah dingin dan gorengannya sudah lembek tidak crispy lagi.
Makanan di pak gik fresh waktu tengah malam sampai menjelang fajar karena pak gik baru buka pukul 23.00 WIB. Jadi dagangannya masih baru, selain itu nasi bungkus dan jajanannya selalu di stok lagi dengan yang baru sekitar pukul 02.00 WIB.
Jangann heran kalo yang datang ke sana berjubel, dari buka sampai tutup jam 04.00 tidak pernah sepi. Puncak nya biasanya jam 02.00 menjelang pagi saat anak muda yang habis dugem selesai.
yang menarik adalah kalo makan di pak gik walau sebelahan dengan kali, tidak ada yang membuang sampah ke sungai. Sip deh anak muda semarang. Yang kedua walau semua prasmanan alias ambil sendiri tetapi yang beli semua nya jujur.
Selain pak gik selalu menyesuaikan diri dengan para pelanggannya, dahulu tahun 2008 tidak ada menu es dalam daftar jadi kalo mau makan kudu nunggu air minum yang mendidih (karena langsung dari panci) untuk dingin, tapi sekarang sudah ada menu es teh, jadi ga perlu repot-repot lagi nunggu air dingin.  Kan repot ya kalo ada yang keselek (semarang=tersedak) kudu nunggu air nya dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar