Selasa, 11 Juli 2017

Cuci Paru-Paru Di Candi Gedung Songo

Cuci Paru-Paru di Candi Gedung Songo 


Liburan merupakan kata yang paling saya sukai, jalan-jalan dan makan bersama teman-teman. Ini adalah liburan panjang idul fitri 1438 H, kami menyempatkan untuk tamasya ke Candi Gedung Songo. Kami pilih karena tempat nya memang tidak terlalu jauh dari Kota Semarang, tetapi juga kami menginginkan tempat yang sejuk dan berudara bersih. konon, candi Gedung songo adalah salah satu tempat dengan udara terbersih di Asia Tenggara. Sambil jalan-jalan sambil cuci paru-paru. 

Objek Wisata Candi Gedong Songo Semarang merupakan salah satu Objek Wisata di Bandungan yang berupa situs peninggalan umat Hindu yang dibangun pada pertengahan abad 9. Candi ini seperti namanya (songo yang artinya sembilan) sebetulnya terdiri dari sembilan bangunan candi yang tersebar di lereng gunung ungaran namun sekarang hanya tersisa lima buah candi saja.

Candi yang ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Inggris bernama Thomas Stamford Raffless pada tahun 1804 ini berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara di area ini cukup dingin (berkisar antara 19-27 derajat celcius) dan sesekali kabut tipis turun dari gunung.

Dari candi ke candi kita tidak akan merasakan lelah selama diperjalanan karena disuguhkan pemandangan alam dengan lereng gunung yang indah serta udara yang sejuk dan menyegarkan. Jadi sangat direkomendasikan sekali bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan orang terdekat.
Candi Gedong Songo terletak di desa Candi kecamatan Bandungan kabupaten Semarang Jawa Tengah. Lokasi candi Gedong Songo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil bahkan kendaraan besar seperti bis dengan jalanan yang naik dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa atau sekitar 10 menit dari objek wisata Bandungan. Anda juga bisa menggunakan jasa ojek hingga ke pintu masuk area wisata. Dan jangan khawatir dengan kembalinya, karena banyak tukang ojek yang ngetem di depan loket masuk yang siap mengantarkan Anda turun.

Candi Gedong Songo mulai dibuka jam 06.00 dan tutup pada pukul 17.00 wib. Sedangkan harga tiket masuk ke area objek wisata Gedong Songo:
Wisatawan Domestik Rp.6.000,- (Senin s/d Jumat) dan Rp.7.500,- (weekend & libur nasional)
Wisatawan Mancanegara Rp. 35.000,-
Trekking dari candi Gedong 1 hingga Gedong 5 sembari menikmati indahnya pemandangan hamparan hutan pinus yang hijau dan tertata rapi. Anda juga bisa menyewa kuda untuk mengitari candi dari candi pertama hingga terakhir dengan harga yang bervariatif tergantung berat badan, jarak tempuh dan hari berkunjung. Berikut kisaran harganya:
– Wisata Desa Rp. 25.000,-
– Sampai pemandian air panas Rp. 40.000,-
– Sampai candi Gedong dua Rp. 30.000,-
– Paket candi Songo Rp 50.000,-
Di sekitar area wisata, terdapat area camping ground (area perkemahan) yang dapat dijadikan untuk mengadakan kegiatan camping.
Menikmati hangatnya berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang yang dipercaya secara klinis dapat mengobati penyakit kulit.
Selain untuk kegiatan wisata, keindahan suasana alam Candi Gedong Songo sering dijadikan sebagai tempat untuk foto Pre Wedding.


Candi II- Candi Gedong Songo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar